posisi futsal
sahmadus Posted on 12:49 am

Posisi Futsal yang Cocok Untuk Gaya Bermainmu

Posisi Futsal yang Cocok – Beberapa tahun belakangan, Olahraga Futsal menjadi salah satu Olahraga yang mulai diterima masyarakat. Bahkan di saat tertentu Futsal menjadi salah satu alternatif jika seseorang tidak bisa memainkan Sepakbola. Hal ini dikarenakan Futsal memiliki perlengkapan dan tempat yang cukup mudah dijangkau oleh para pemainnya.

Futsal bahkan bisa menggunakan sebuah lapangan Sepakbola menjadi dua buah Lapangannya. Karena hal itu, banyak pihak yang menganggap Futsal lebih menguntungka dari sisi bisnis dibandingkan dengan Sepakbola. Seiring dengan adanya hal tersebut, banyak sekali orang yang ingin bermain Futsal namun tidak menguasai atau bahkan menganggap Futsal sama dengan Sepakbola.

Hal tersebut adalah kesalahan yang sangat besar. Karena dunia Futsal memiliki perbedaan yang sangat banyak dengan Sepakbola. Salah satunya adalah posisi bermainnya. Walaupun permainan Futsal cenderung lebih dinamis, tetapi tetap ada beberapa posisi yang disesuaikan dengan karakter pemain. Berikut adalah posisi Futsal yang cocok dengan gaya bermainmu.

Baca Juga : Posisi Sepakbola mana yang tepat untukmu

Penjaga Gawang

Hampir sama dengan posisi Sepakbola, Penjaga Gawang merupakan salah satu posisi yang terpenting dalam permainan Futsal. Tanpa adanya Penjaga Gawang yang baik, sebuah tim Futsal tentu akan memiliki masalah tersendiri nantinya. Dengan peran yang sangat penting tersebut, seseorang Penjaga Gawang dituntut untuk memiliki teknik atau kemampuan yang sempurna.

Jika kamu suka bermain Penjaga Gawang dalam permainan Sepakbola, maka adaptasi yang dilakukan tidak terlalu sulit. Karena prinsip yang dilakukan cukup sama, hanya teknik dan visi bermain yang berbeda. Namun, teknik sebagai Penjaga Gawang dalam dunia Futsal sangat sulit. Sehingga posisi Futsal satu ini perlu melatih teknik tersebut sangat sulit dan perlu tenaga yang cukup besar juga.

Anchor

Istilah Anchor sudah cukup dikenal dalam dunia Sepakbola. Namun, tugas dan tanggung jawab yang ada di pundak mereka sangat berbeda dengan dunia Futsal. Dalam dunia  Sepakbola, tugas seorang Anchor adalah lebih mengarah kepada menghentikan serangan lawan Dibandingkan dengan Membangun serangan. Namun, Dalam dunia Futsal, tugas seorang Anchor adalah sebaliknya.

Posisi futsal seperti Anchor ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan tinggi dalam Passing dan Defence. Seorang Anchor juga dituntut untuk memiliki visi bermain yang jelas, karena anchor akan menjadi pusat serangan dari tim yang ia bela. Beberapa Anchor yang terkenal di Indonesia adalah Sunny Rizky, Rio Pangestu hingga legenda Timnas Futsal Indonesia, Jailani Ladjanibi.

posisi futsal

Flank

Jika dalam dunia Sepakbola ada posisi Winger atau pemain sayap, maka di dunia Futsal ada istilah Flank. Memiliki prinsip yang hampi sama dengan Winger, dimana seorang pemain Flank harus menyerang dari sisi samping lapangan dan memberikan tekanan melalui umpan ataupun tembakan yang dimilikinya.

Seorang Flank akan dikatakan bermain baik jika segala serangan yang melalui dirinya mampu berjalan efektif dan menghasilkan sebuah Gol. Oleh karena itu, jika kamu memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi seorang Flank, Dribbling dan Shooting adalah dua senjata utama yang harus kamu latih. Dengan kemampuan yang dimilikinya, tidak jarang pemain yang bermain dalam posisi Futsal ini menjadi pusat perhatian penonton ataupun tim lawan.

Pivot

Mungkin posisi ini sering dianggap ujung tombak dari sebuah permainan Futsal. Namun hal tersebut adalah kesalahan yang besar. Dalam dunia Futsal, seorang Pivot memiliki tugas yang berbeda dari penyerang Sepakbola. Seorang pivot akan sangat efektif jika ia mampu memberikan ruang yang baik kepada rekan rekannya untuk menciptakan sebuah gol. Walaupun di sisi lain, ia juga harus mencari posisi yang baik agar mampu memaksimalkan serangan yang ada.

Sehingga dengan tugas nya tersebut, seorang Pivot membutuhkan kemampuan Body Balance dan Finishing yang cukup baik. Posisi Futsal satu ini akan cocok untuk kamu yang mengandalkan gaya bermain dengan kekuatan badan. Sehingga, semakin kuat kamu menguasai bola maka semakin mudah kamu dalam membuka ruang untuk rekan satu tim.

Baca Juga : Perlengkapan Jogging yang Sebaiknya Digunakan

Perlu diingat selain, kemampuan diatas, kamu juga perlu untuk memperkuat fisik yang kamu punya. Hal ini terkait dengan tempo permainan Futsal yang cepat serta sistem permainan yang dinamis. Dimana seperti yang sudah kita ketahui, kedua hal tersebut membutuhkan stamina agar berjalan secara efektif. Nah, dari keempat posisi Futsal diatas, mana yang jadi favorit mu dalam bermain?  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *