pemain naturalisasi
sahmadus Posted on 12:17 am

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Apakah Dibutuhkan?

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia – Indonesia tekenal sebagai negara yang memiliki keragaman budaya, Bahasa, dan suku bangsa yang cukup beragam. Dengan wilayahnya yang sangat luas serta Alamnya yang cukup menjanjikan, membuat Indonesia seharunya mudah untuk masuk ke panggung dunia. Lalu bagaimana dengan dunia Sepakbolanya?

Membahas mengenai dunia Sepakbola Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Seakan akan Sepakbola Indonesia tidak akan pernah lepas dari masalah yang dihadapinya. Mulai dari dualisme Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau PSSI, sampai dengan pembekuan PSSI oleh mentri pemuda dan Olahraga.

Di samping masalah masalah yang ada, sebenarnya potensi pemain yang dimiliki oleh Indonesia sebenarnya cukup bagus dan mempuni. Terlihat dari berbagai macam prestasi yang didapat oleh Timnas usia muda mulai dari U-16, U-19, sampai dengan yang terakhir U-22. Banyaknya talenta muda yang dimiliki, seiring juga dengan banyak pemain naturalisasi Timnas Indonesia. Kira kira apa mereka dibutuhkan?

panditfootball.com

Sejarah Naturalisasi

Mungkin banyak dari kamu yang beranggapan bahwa program naturalisasi di Timnas Indonesia mulai terjadi pada satu decade terakhir. Namun siapa sangka, bahwa naturalisasi yang ada di Indonesia mulai terjadi sejak kompetisi Indonesia awal dibentuk. Pada zaman itu, pemain – pemain Timnas Indonesia yang ada bahkan sangat banyak yang berasal dari Luar Negeri.

Setelah adanya kompetisi Liga Indonesia pada era-Perserikatan dan Galatama, membuat seakan akan Program ini hilang ditelan bumi. Hingga pada tahun 2000-an mulai ada kembali mengenai Naturalisasi dan mulai cukup banyak pemain yang menghuni timnas Indonesia. Mulai dari Sergio van Dijk, Christian Gonzales, Guy Junior, Kim Jeffrey Kurniawan, merupakan sederet nama tenar di Indonesia yang merupakan Pemain Naturalisasi di kompetisi Indonesia.

Alasan dibalik banyaknya pemain naturalisasi

Perlu kamu ingat bahwa tidak semua naturalisasi yang ada merupakan hasil dari program yang PSSI buat. Ada banyak alasan lain mengapa seorang pemain mau merubah kewarganegaraannya dari negara lain ke Indonesia. Disamping hal tersebut, ada peraturan perundang undangan juga yang telah ada di Indonesia mengenai syarat untuk menjadi Warga Negara Indonesia atau WNI.

Dengan adanya syarat syarat tersebut tentu membuat pemain naturalisasi yang ada butuh usaha yang lebih agar mereka mampu memindahkan kewarga negaraanya. Mulai dari waktu tinggal di indonesia hingga mereka harus lancer berbahasa Indonesia. Selain itu peraturan mengenai tidak bolehnya seseorang memiliki Kewarganegaraan ganda juga cukup memberatkan pemain.

Sehingga, jika melihat syarat serta ketentuan yang ada, maka sangat banyak pemain yang pindah kewarganegaraan karena alasan lain diluar Sepakbola. Seperti Alasan yang dikemukakan Alberto ‘Beto’ Goncalves. Pemain yang dikenal dengan ketajamannya ini mengungkapkan alasannya pindah kewarganegaraan adalah faktor keluarga dan kecintaannya terhadap Indonesia. Hal ini sangat wajar terjadi melihat dirinya telah berada di indonesia lebih dari 10 tahun lamanya.

Baca Juga : Posisi sepakbola yang tepat untukmu

Apakah pemain naturalisasi penting?

Disamping alasan yang ada seseorang pemain naturalisasi memang perlu diperdebatkan keberadannya di Timnas Indonesia. Hal tersebut tercermin dari, banyaknya jasa yang digunakan oleh Pelatih Timnas Indonesia terkait dengan pemain yang bukan dari Indonesia. Hal tersebut tentu memancing beberapa pihak sangat kontra terhadap program Naturalisasi yang ada ini.

Terutama jika melihat potensi yang ada dari taleta muda asal Indonesia. Bahkan timnas U-16 asuhan Fakhri Husaini pada tahun 2018 hampir masuk ke piala dunia U-17 pada tahun 2019 andai tidak kalah dengan Australia di babak Perempat Final AFC Cup 2018. Hal tersebut tentu menjadi prestasi tersendiri bagi Sutan Zico, dkk. mengingat lawan yang dihadapi mulai dari Austalia, Korea Selatan, hingga Jepang sudah memiliki reputasi besar di dunia Sepakbola Asia.

Dengan talenta yang Indonesia miliki, maka tidak ada alasan lain untuk tetap mendatangkan Pemain Naturalisasi dengan sengaja lagi kedepannya. Tidak peduli seberapa banyak pemain yang akan pindah kewarganegaraan, Jika pelatih Timnas Indonesia memiliki pola pikir bahwa talenta Indonesia lebih dari Talenta luar tentu masalah akan selesai.

Baca Juga : Posisi Futsal yang cocok untuk gaya bermainmu

Adanya pemain naturalisasi di dalam tubuh Timnas Indonesia membuktikan kepada masyarakat bahwa pembinaan yang dilakukan PSSI telah gagal. Tentu untuk memperbaiki Timnas Indonesia, bukan menaturalisasi pemain yang ada. Lebih tepat untuk melakukan pengelolaan dan pembinaan yang baik terhadap talenta muda Indonesia. Apakah kamu setuju tentang hal tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *