gaji pemain esport
sahmadus Posted on 9:01 pm

Gaji Pemain Esport Indonesia Berapa? Apakah Menjanjikan?

Gaji Pemain Esport Belakangan Esport telah menjadi sebuah pekerjaan yang cukup menjanjikan. Apalagi dengan kondisi teknologi yang cukup modern, memudahkan industri Esport untuk berkembang dan menjangkau setiap peminatnya. Dengan perkembangan ini, tentu akan membuat banyak orang tertarik untuk ambil bagian di Industri ini, sebagai pemain tentunya. Lalu apakah kamu salah satu dari mereka?

Menjanjikannya pekerjaan dunia Esport ini tentu tidak terlepas dari berkembangnya dunia Game beberapa tahun belakangan. Semenjak perkembangan Handphone Classic ke Smartphone dunia game seakan menjadi hiburan tersendiri bagi setiap lapisan masyarakat. Hal ini sangat terlihat bagaimana perkembangan penggemar dari suatu Game semakin meningkat setiap tahunnya.

Lalu kenapa pekerjaan Esport sangat menjanjikan? Selain karena industri nya adalah berbasis Game, alasan lain adalah Gajinya yang cukup menggiurkan. Tentunya, senyaman apapun sebuah pekerjaan, Gaji tetap menjadi suatu hal yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena tuntutan kebutuhan sehari-hari yang sangat tinggi. Nah, kalau kamu penasaran berapa gaji pemain Esport di Indonesia, simak informasi berikut yuk.

Baca Juga : Posisi Sepakbola Mana Yang Tepat Untukmu? Simak Informasi Berikut!

gaji pemain esport

Gaji pemain esport pada umumnya

Seperti halnya pekerjaan lain, maka dunia Esport tentu memiliki beberapa tingkatan gaji, tunjangan, serta bonus yang diterima. Hal ini disesuaikan dalam kontrak atau perjanjian tertulis yang biasanya dilakukan di awal pertemuan antara Management terkait dengan Pemainnya. Sehingga dalam dunia Esport sudah sewajarnya jika setiap pemain memiliki total gaji yang berbeda.

Di Indonesia sendiri, untuk kelas bawah hingga menengah, gaji pemain Esport berada di atas rata – rata Upah Minimum Regional (UMR). Untuk pemain yang berada di tingkat atas, gaji yang di dapatkan bisa Rp. 8.000.000 – Rp. 10.000.000 setiap bulannya. Bahkan ada beberapa perusahaan dari beberapa tim Esport yang rela mengeluarkan biaya besar untuk menjaga pemain bintangnya agar tidak pindah ke tim lain.

Gaji yang sudah disebutkan sebelumnya tidak termasuk tunjangan hingga bonus yang di dapatkan. Untuk tunjangan serta bonus, jumlah yang berbeda ditetapkan setiap tim. Tergantung dari apa yang dilakukan pemain dan prestasi apa yang dapat dia raih. Gaji yang telah disebutkan diatas, mungkin sedikit membuat gambaran kamu mengenai ‘upah’ dari dunia Game itu sendiri.

Gaji tambahan

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa gaji pemain Esport tambahan yang perlu kamu ketahui. Yang pertama ada live streaming. Istilah live streaming sendiri adalah kegiatan bermain Game secara live yang ditonton oleh orang lain. Sebagai seorang pemain professional sudah sewajarnya bahwa akan banyak yang mengidolakan. Nah kegiatan live streaming menjadi salah satu jembatan antara penggemar dan idolanya.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, membuat platform serta media yang digunakan tidak lagi sulit untuk digunakan atau dipakai. Sehingga baik pemain ataupun penonton telah diberikan kenyamanan sendiri ketika melakukan live streaming. Apalagi di zaman sekarang, kamu bisa bermain ataupun menonton live streaming di banyak platform. Seperti Facebook Gaming, Nimo TV, Twitch, dan berbagai platform lainnya.

Sebagian besar dari platform penyedia live streaming bahkan bersedia membayar seseorang streamer dengan biaya tetap per bulan. Sehingga dengan bergabung ataupun memiliki kontrak dengan sebuah platform live stream membuat tambahan gaji pemain Esport itu sendiri. Selain live streaming, kontrak dengan brand juga menjadi opsi tambahan setiap pemain professional untuk menebalkan dompetnya.

gaji pemain esport

Masalah yang dihadapi.

Dengan total pendapatan yang cukup menggiurkan, tidak heran jika banyaknya masyarakat yang mau bergabung kedalam dunia Esport professional. Jika kamu salah satunya, maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut. Yang pertama, perlu kamu ingat bahwa dunia Esport tetaplah hanya sebuah industri Game. Seperti yang sudah bisa dilihat sekarang, Dunia Game tidak menjamin akan terus memiliki eksistensi yang sama setiap tahunnya.

Selain karena eksistensinya, faktor jadwal yang padat serta jauh dari keluarga juga adalah masalah tersendiri. Di zaman sekarang, pemain professional Esport telah memiliki jam latihan hingga 8 jam perharinya. Jadwal latihan tersebut akan dilakukan di tempat tertentu. Seperti di sebagian besar tim Esport besar di Indonesia, mereka telah memiliki Gaming House nya sendiri. Hal-Hal tersebut tentu harus kamu perhatikan disamping gaji pemain Esport yang telah diperhatikan.

Baca Juga : Posisi Futsal yang Cocok Dengan Gaya Bermainmu

Di samping permasalahan yang telah disebutkan, industri Esport telah memiliki penggemar serta wilayahnya sendiri di dalam kehidupan masyarakat. Dengan segala kenyamanan dan gaji pemain Esport yang cukup menjanjikan, membuat akan semakin banyak yang tertarik pada Industri ini.

2 thoughts on “Gaji Pemain Esport Indonesia Berapa? Apakah Menjanjikan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: